"Something Like Happiness"

“Something like happiness”

Itu judul sebuah film independen dari chez Republik yang aku nonton sewaktu JIFFEST tahun lalu. Tapi, saya tidak bermaksud menceritakan kisah film itu di sini. Teman-teman, kadang-kadang di tengah kesibukan saya yang lumayan padat di Jogyakarta, saya merasakan seringkali hampir tidak ada waktu lagi untuk membagikan permenungan saya melalui blog ini. Kadang juga ada pertanyaan “ah…apa mungkin ini akan banyak gunanya bagi orang lain, apa mungkin teman-teman membacanya?”

Keraguan saya terjawab ketika berulang kali merenungkan perikop tentang Kerajaan Allah. Lebih lagi, apa yang dikatakan Rasul Paulus dalam bacaan hari ini sungguh menguatkan saya. Saya percaya bahwa meski kecil, sederhana usaha ini, lama-lama akan menghasilkan banyak buah. Saya percayakan pada Tuhan semuanya itu. Saya hanyalah alat-Nya. Kata-kata Rasul Paulus sungguh menghibur pula: “…Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. (Roma 8:17)”. Inilah jaminan pengharapan yang diberikan Tuhan bagiku dan bagi kita semua yang berusaha melalui perbuatan dan karya kita yang sederhana, bekerja mewujudkan Kerajaan Allah. Kita adalah pekerja, yang merawat dan menyiangi…, tapi tetap Allah yang memberi pertumbuhan. Maka, mempercayakan kepada Allah seperti apa hasilnya usaha kita itu nantinya adalah sikap iman yang otentik.

Kalau kita sungguh mengasihi Tuhan, kita akan sungguh pula merasakan penyelenggarannya. Sulit bagi saya membayangkan bagaimana mungkin ibu saya yang janda, selepas ditinggal mati papa, sanggup membesarkan dan membiayai pendidikanku dan keempat saudaraku yang lain. Gaji pensiunan papaku sebenarnya hanya cukup buat makan sehari-hari. Ada saja jalan yang disediakan Tuhan bagi keluargaku…Seringkali mengejutkan…tapi sungguh dia mengerti apa yang kami butuhkan. Suatu kali ketika begitu cemas dengan keadaan keuangan keluarga, mama yang sekolahnya tidak setinggi saya, mengingatkan saya “Nal.., burung saja dikasih makan sama Tuhan, masak kita tidak. Sekarang berdoa bersama saya supaya apa yang sedang mama rencanakan dan usahakan ini berhasil…” Kata-kata ini saya ingat selalu karena memang besoknya apa yang kami butuhkan sungguh-sungguh kami dapatkan…

Semalam tak nyangka seorang teman yang sudah lama gak kontak, muncul dan curhat tentang pengalaman rohaninya. Melalui yahoo messenger, percakapan kami masing-masing memberi kekuatan baru bagi kami… Sekali lagi, Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia…I really feel something not just like happines, but really happiness…

ronald,s.x.

0 komentar:

Blogger Template by Blogcrowds